Seaweed Undip Sukses Menggelar “Seminar dan Workshop Nasional”

(Semarang, 23 Oktober 2016) Dalam rangka menjalankan program kerja divisi Penelitian dan pengembangan (LITBANG) yang diselenggarakan setiap tahun, UPK SEAWEED Kembali mempersembahkan kegiatan Seminar Nasional dan Workshop berkaitan dengan permasalahan Rumput Laut. Tema yang disandingkan pada tahun ini yaitu Minat Berperilaku Wirausaha untuk Optimalisasi Sumberdaya Rumput Laut dan akan dilaksanakan pada tanggal 22 Oktober 2016 yang lalu.

Sesuai dengan visi misi SEAWEED untuk menjadikan unit kegiatan mahasiswa tersebut menjadi sarana penelitian dan pengembangan rumput laut, kegiatan dibuka secara umum dengan tujuan membahas permasalahan penting berkaitan dengan Rumput laut di Indonesia. Pada Seminar Nasional, SEAWEED sendiri menghadirkan para pembicara pembicara besar yang telah berpengalaman dalam industri Rumput Laut baik di dalam Negri hingga luar, yaitu Prof. Dr. Jana Tjahjana Anggarierja, MS. APU yang merupakan seorang Chairman of the indonesian seaweed society, bapak Hamzah Moch. Baadud sebagai CEO. PT. Kappa Carragenan Nusantara serta bapak Asep Ridwan sebagai Praktisi bussiness dan Sekjen Rumput Laut Club. Para pembicara ini akan berbagi banyak pengalaman berkaitan dengan bagaimana pengembangan usaha dibidang swasta maupun nasional serta permasalahan permasalahan terkait rumput laut itu sendiri. Tak hanya itu, Seminar Nasional ini akan spesial dimoderatori langsung oleh Dr. Ir. Widodo Farid Ma’ruf, M.Sc sebagai Chairman of the Indonesian Seaweed commision.

Workshop sendiri akan menghadirkan UMKM Suket segoro yang merupakan sebuah industri rumah tangga yang mengembangkan rumput laut dibidang pangan. Tak hanya berkaitan dengan bagaimana cara mengembangkan usaha mandirinya, UMKM ini juga akan berbagi ilmu tentang pembuatan beberapa makanan yang berbahan dasar rumput laut. Selain itu, tak hanya menyelenggarakan forum untuk berdiskusi, acara ini juga memberikan wadah bagi para pemakalah pemakalah dari berbagai kalangan untuk mempublikasikan jurnal ilmiah yang mereka teliti terkait Rumput Laut. Dalam kesempatan kali ini, Padepokan Suket segoro mempraktekan cara pembuatan Pastel rumput laut berbahan dasar Euchema cotoni serta Mie. Antusias peserta disrasakan cukup besar saat beberapa diantaranya maju untuk ikut terlibat dalam acara demo masak

Kegiatan Seminar dan Worshop merupakan kegiatan wajib yang dilaksanakan oleh UPK SEAWEED setiap tahunnya, bertujuan sebagai tempat berkumpulnya para wirausahawan muda maupun yang telah berpengalaman untuk saling bertukar ilmu dan informasi. Selain bekerjasama dengan para pembicara yang hebat,  kegiatan ini juga didukung oleh berbagai komunitas pengembangan rumput laut lainnya.

Kegiatan ini dilangsungkan di Ruang Seminar Litigasi Fakultas Hukum Universitas Dipnegoro dan dihadiri oleh lebih dari 40 peserta. Tak hanya antusias dari para mahasiswa yang hadir, namun juga pembisnis dan pelaku usaha serta wirasuasta ikut datang untuk melihat langsung acara Seminar Nasional dan Workshop tersebut.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *