Seaweed Undip Menuju Eropa

(Copenhagen, 19 Juni 2016) Dua Delegasi dari UPK SEAWEED yaitu Humaira Sabiladiyni (Ranger 8) dan Elma Rizky Harjanti (Ranger 9) sedang mengikuti 22nd International Seaweed Symposium yang akan dilaksanakan di Copenhagen, Denmark pada tanggal 19-24 Juni 2016.

Judul poster yang ditampilkan yaitu “Seaweed diversity in Teluk Awur Jepara, Indonesia” dan “Diversity of Seaweed Communities at Krakal Beach, Gunung Kidul, Yogyakarta

International Seaweed Symposium (ISS) merupakan suatu acara wajib dari International Seaweed Association (ISA) yang diselenggarakan setiap tiga tahun sekali yang sudah berhasil dilaksanakan di 20 negara. Program ini mencangkup semua aspek dari penelitian dan aplikasi dalam bidang rumput laut baik modern maupun tradisional. 22nd Symposium mengambil tema: “Creating the scientific platform for sustainable and innovative industries for the future society“.

Selain program scientific seperti presentasi oral dan poster hasil penelitian, terdapat juga agenda “Mid Symposium Tour”. Agenda ini bertujuan untuk memperlihatkan beberapa perusahan di Denmark yang memanfaatkan rumput laut untuk memproduksi sebuah produk dan energi. Tour ini juga bertujuan untuk memperlihatkan pandangan akan kehidupan lokal, ciri khas, dan budaya di Denmark (www.iss-2016.org).

Selain itu, dari pihak KBRI Copenhagen dan asosiasi rumput laut Indonesia juga mengadakan pertemuan dengan para pengusaha internasional untuk mengembangkan perdagangan internasional dlm bidang rumput laut. Pertemuan ini juga dihadiri oleh Bapak Dubes RI untuk Denmark.

Di Danish Technological Institute mereka diperlihatkan microalga photobioreactor yang digunakan untuk melakukan percobaan mengoptimalkan metode budidaya yang dikendalikan dan produksi mikroalga. Dan disana mereka juga diperlihatkan greenhouse dan ruang percobaan yang menjadi fasilitas di Copenhagen University.

Image_2ecfc55 Image_ea77107 Image_deb710c

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *