Seaweed foods: Wakame!

Yo sobat seaweed, jumpa lagi di rubrik seaweed foods!

Kali ini bahan makanan rumput laut yang kita bahas adalah Wakame

Ada yang belum tahu wakame? seperti nori, panganan ini lebih populer di negeri sakura dibandingkan dengan di indonesia. Mungkin bagi penggemar masakan jepang atau teman-teman yang sering makan di restoran jepang pasti tidak asing dengan wakame.
Pada sup miso diatas, wakame adalah lembaran-lembaran yang berwarna hijau tua. Ya! wakame tersebut adalah rumput laut, lebih tepatnya rumput laut dari spesies Undaria, yakni Undaria pasifica.

Ini dia wujudnya dikala masih segar:

Seperti nori, wakame merupakan bagian yang tidak dapat dipisahkan dari kuliner jepang. Lain dengan nori, wakame biasa digunakan dalam sup atau dimakan sebagai salad.
Di pasaran, wakame dijual dalam bentuk kering dalam kemasan. wakame kering ini nantinya dapat diseduh air panas hingga mengembang untuk dicampurkan kedalam sup. Di restoran-restoran jepang, salad wakame atau dikenal sebagai Goma Wakame menyajikan wakame dalam balutan kecap shoyu dengan biji wijen.
Rasa dari wakame lebih kepada sifat segar dengan sedikit rasa asin khas rumput laut. Penikmat wakame akan menemukan sensasi rasa yang unik saat menikmati salad wakame. Pada penyajian wakame dalam sup miso, wakame menjadi pelengkap dalam paduan rasa khas kuah miso.
Beberapa variasi salad wakame / Goma wakame
 Variasi sup miso dengan wakame                                 Sushi roll dengan wakame
Apakah wakame dibudidayakan? Tentu saja, seperti budidaya porphyra untuk membuat nori, masyarakat jepang juga membudidayakan undaria untuk berbagai keperluan seperti pangan maupun pakan budidaya.
 Wakame pasca-panen, siap untuk dikeringkan
Perlu diketahui, pemanfaatan wakame tidak hanya dilakukan di jepang saja lho. Di negara asia timur lain seperti korea, wakame dikenal sebagai miyeok. Di china ia dikenal sebagai qúndài cài dan menjadi salah satu bahan makanan laut yang cukup populer. Tidak hanya di asia, wakame dikenal hingga ke belahan dunia barat. Masyarakat inggris mengenal wakame sebagai Sea mustard sementara Prancis mengenalnya dengan nama aslinya yakni wakame atau fougère des mers.
Bagaimana dengan kandungan gizi wakame?
Seperti rumput laut lainnya, wakame memiliki kandungan nutrisi yang sangat baik. Wakame dikenal memiliki kadar kalsium, iodin, thiamin, dan niacin yang tinggi. Ia juga dikenal sebagai sumber nabati dari asam lemak omega-3. Di korea, sup wakame banyak dikonsumsi oleh wanita hamil dan menyusui karena tingginya kandungan kalsium dan iodin.

Sebagai obat-obatan, wakame digunakan dalam resep obat tradisional timur untuk membersihkan darah, menguatkan sistem pencernaan, kulit, rambut, serta organ reproduksi, serta membantu melancarkan datang bulan.

Demikian ulasan singkat mengenai wakame, sumber makanan laut eksotis yang bergizi serta bermanfaat untuk kesehatan tubuh kita. Semoga bisa menambah wawasan sobat sekalian.
RUMPUT LAUT UNTUK BANGSA!
referensi:
http://en.wikipedia.org/wiki/Wakame
http://www.wagamama.com
 http://cuisine.co.nz

http://www.buzzle.com/
http://kitchentalks.com

http://kanakoskitchen.com/2009/11/22/miso-soup-with-tofu-and-wakame/

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *