PADINA!! ~Hari pertama: Mari merumput laut! From Tembalang to Jepara~

Salam rumput laut!

Minggu lalu SEAWEED mengadakan acara pelatihan rumput laut di lingkungan kampus Marine Station UNDIP di Jepara. Acara yang diberi nama PADINA (PelAtihan buDIdaya daN pembuatan produk rumput lAut) ini menyuguhkan pelatihan dan praktik budidaya rumput laut serta pembuatan produk-produk olahan rumput laut. Acara ini diikuti oleh sekitar 50 peserta yang berasal dari berbagai universitas di indonesia.
 
Rangkaian kegiatan dimulai dari registerasi peserta serta sambutan di Aula Dekanat FPIK Undip. Setelah itu peserta diberikan materi dasar mengenai herbarium dan budidaya rumput laut yang akan dilakukan esok hari.
 
Pemberangkatan peserta dari tembalang menuju teluk awur dimulai ba’da maghrib. Perjalanan sedikit tersendat dengan adanya perbaikan jalan di arah demak dan arah jepara. Namun hal-hal tersebut tidak menurunkan semangat para peserta Padina 2013 yang tetap antusias untuk mengikuti kegiatan di jepara nanti.
 
Di jepara, para peserta beristirahat di Hall A asrama marine station teluk awur setelah perjalanan panjang dari tembalang. Setelah ISHOMA, para peserta kemudian diberikan pembekalan singkat lebih lanjut mengenai budidaya rumput laut oleh pak Masyudi, Ketua kelompok budidaya rumput laut di teluk awur.

 

Pak Masyudi (Kiri) memberikan pemaparan mengenai teknik pembudidayaan rumput laut di sekitar jepara

 

  Teman-teman peserta padina mendengarkan materi di aula gedung A asrama Teluk Awur
 
Pemberian kenang-kenangan kepada Pak Masyudi oleh sdr. Tri Saputra selaku ketua panitia acara Padina 2013
 
Meskipun cukup lelah, antusiasme teman-teman peserta tetap tinggi ditunjukkan dengan aktifnya sesi tanya-jawab antara peserta dengan pemateri. Pembekalan ditutup dengan pekikan semangat peserta, MARI MERUMPUT LAUT!
 
Kurang lebih pukul 10, peserta dipersilahkan untuk beristirahat dan mempersiapkan diri untuk kegiatan esok hari, yakni Herbarium dan Pelatihan Budidaya Rumput Laut di Pulau Panjang.


~To be continued in… PADINA!! ~Hari kedua : Pulau Panjang, kami datang!! Harmoni ombak, tawa, dan kebersamaan~

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *