PADINA!! ~Hari kedua: Pulau Panjang, Kami Datang!! Harmoni ombak, tawa, dan kebersamaan~

Hari kedua PADINA!

Suasana pagi Hall A asrama teluk awur dihiasi dengan sibuknya persiapan para peserta Padina 2013 untuk bertandang ke pulau kecil di utara jepara, Pulau Panjang!

Teman-teman peserta Padina 2013 berfoto bersama di dermaga kampus Marine Station sebelum keberangkatan

 

Pancaran semangat terlihat di mata teman-teman peserta saat mulai berjalan menuju dermaga marine station. Diatas perahu sopek, para peserta menikmati pelayaran singkat mereka. Perjalanan ditempuh selama kurang lebih 30 menit sampai akhirnya teman-teman menapakkan kaki di pasir putih pantai pulau panjang.

 

Teman-teman peserta Padina 2013 menikmati suasana pantai Pulau Panjang
 
Kegiatan dimulai dengan penjelasan singkat mengenai metode herbarium oleh sdr. Prada Ardana Satya, Seaweed crew angkatan VI. Disana herbarium dibagi menjadi 4 kelompok yang masing-masing didampingi oleh 2 fasilitator dari kru Seaweed. Hasil dari herbarium ternyata didapati beberapa jenis rumput laut yang bervariasi di sekitar garis pantai. Jenis yang dominan rata-rata adalah dari genus halimeda, karena jenis substrat pantai yang cenderung berkarang.

 

Sdr. Prada memberikan briefing awal mengenai metode herbarium
 
 Identifikasi spesies rumput laut yang didapatkan saat herbarium
 
Pasca herbarium, kegiatan dilanjutkan dengan pelatihan budidaya rumput laut yang didampingi oleh beberapa bapak-bapak praktisi budidaya setempat. Metode yang digunakan adalah metode longline, dimana rumput laut yang akan dibudidayakan (Eucheuma cotonii) diikatkan pada tali tambang. 
 
 
 Proses pengikatan bibit rumput laut pada tali tambang untuk budidaya
 
 Sdr. Nugraha Ridho memberikan sedikit pengarahan metode pengikatan rumput laut
 
  Sdr. Tejo Mulyono memilah bibit rumput laut
 
Para peserta dilatih bagaimana cara mengikat rumput laut pada tambang, besar rumput laut yang optimal untuk dibudidayakan, serta memasangkan longline di perairan. Antusiasme disertai cipakan air, canda, serta tawa mengiringi kegiatan pelatihan budidaya hingga tengah hari.
Longline yang telah dipasangkan bibit siap untuk ditancapkan pada substrat
 
Teman-teman peserta dan panitia “kungkum bersama” dalam rangka memasangkan longline pada substrat perairan

Setelah longline akhirnya dipasangkan, teman-teman peserta harus berpisah dengan pulau nan indah ini untuk melanjutkan kembali kegiatan Padina pada sore hari.

Foto bersama panitia dan peserta sebelum meninggalkan Pulau Panjang nan indah
 

Setelah cukup beristirahat di asrama, para peserta berkumpul di lantai 3 kampus marine station teluk awur untuk mendapatkan materi mengenai ekstraksi Karaginan dan Alginat. Sesi pertama, ekstraksi karaginan diisi oleh sdr. Geovani Julio, Seaweed Crew angkatan VI dan Sesi kedua yakni ekstraksi alginat diisi oleh sdr. Tri Aji, Seaweed Crew angkatan V.

Sdr. Geovani dibantu sdr. Tri Saputra (mas bemby) memperagakan pembuatan karagenan. Nampak mimik mas bemby yang “stay cool” 😀
 
Duet maut sdr. Aji dari Seaweed dan sdr. Anggit dari UniBraw dalam demo pembuatan Alginat
Dengan pembawaan yang serius, humoris, dan interaktif, sesi ini cukup memberikan deskripsi yang jelas mengenai langkah-langkah pembuatan karaginan dari rumput laut merah Eucheuma cotonii dan alginat dari rumput laut coklat Sargassum sp.
 
Malam hari diisi dengan api unggun, kumpul bareng, pensi, dan …. BBQ~!!! Di sesi malam puncak ini para peserta dan panitia beramah-tamah mengitari api unggun diiringi dengan nikmatnya santapan jagung bakar hangat. Peserta kemudian menampilkan pensi masing-masing secara berkelompok. Keharmonisan obrolan hangat, candaan, serta tawa segar membahana di lapangan basket asrama teluk awur…
 
 
Suasana api unggun di malam puncak Padina 2013
Jagung bakar hangat siap santap!!
Kegiatan masih berlanjut. esok hari kita akan melakukan…. Pelatihan produk!!
 

Bersambung di PADINA!! ~Hari ketiga: Masak-masak yuk!! Manisnya jelly drink dan persahabatan tak berbatas~

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *