Mikroba Rumput Laut Bisa Hentikan Kerusakan Gigi

TEMPO.CO, Jakarta – Rumput laut bukan hanya bermanfaat untuk kesehatan tubuh. Tapi, juga bisa menghentikan kerusakan gigi. Penelitian terbaru menujukkan, menambahkan enzim dari mikroba rumput laut pada pasta gigi dan obat kumur bisa membantu melindungi gigi dari kerusakan.
Enzim dari mikroba simbion rumput laut membantu melindungi gigi
Para peneliti di Newcastle University telah mempelajari Bacillus licheniformis untuk mengetahui bahwa mikroba ini bisa membersihkan lambung kapal. Namun kini para ilmuwan itu juga meyakini bahwa mikroba yang sama bisa melindungi area di sekitar gigi tempat plak berkumpul.
Hasil tes di laboratorium menunjukkan bahwa enzim mikroba ini bisa membersihkan plak dan mengecilkan jumlah bakteri yang menyebabkan kerusakan gigi.
Dr Nick Jakubovics, dari sekolah ilmu gigi di Newcastle University mengatakan, “Plak di gigi Anda terbuat dari kumpulan bakteri yang ingin menjajah suatu kawasan gigi. Kehadiran mikroba dari rumput laut bisa menjadi kompetitor potensial,” kepada BBC.

“Pasta gigi tradisional bekerja dengan membersihkan plak yang mengandung bakteri, tetapi hal tersebut tidak selalu efektif. Karena itu mengapa seseorang yang rajin membersihkan gigi mereka tetap bisa mengalami gigi berlubang,” sambung Dr. Jakubovics. “Kami menemukan enzim ini bisa membersihkan semua bakteri yang tidak diinginkan dari plak,” lanjut dia.

Plak terdiri dari berbagai jenis bakteri yang merusak. Ketika sel bakteri mati, DNA di dalamnya keluar dan membentuk biofilm yang menempel di gigi. Mikroba rumput laut bisa membersihkan bakteri berbahaya seperti Streptococcus mutans yang menyebabkan kerusakan gigi. “Pada akhirnya kami berharap untuk menggunakan kekuatan ini dalam pasta gigi, obat kumur atau pembersihan gigi tiruan,” ungkap dia.

Sumber Berita: http://www.tempo.co/read/news/2012/07/05/060415083/Mikroba-Rumput-Laut-Bisa-Hentikan-Kerusakan-Gigi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *