Brebes Mantapkan Rumput Laut Sebagai Produk Unggulan

BREBESNEWS.CO -Selain telur asin dan bawang merah, kini Kabupaten Brebes memantapkan diri sebagai pusat industri pengolahan rumput laut. Hal ini yang menjadi bahasan utama dalam Focus Group Discusion (FGD) Penyusunan Kajian Kompetensi Inti Industri Daerah Kabupaten Brebes di aula Hotel Dedy Jaya, Kamis (17/10).
 Terpilihnya industri rumput laut menandai produk unggulan Kabupaten Brebes didasarkan pada hasil diskusi FGD tahap pertama yang diadakan bulan Juni kemarin. Potensi industri rumput laut sangat potensial karena di wilayah Kabupaten Brebes memiliki areal rumput laut sebesar 4.350 ha dari areal tambak seluas 12.748 ha.
Selain itu juga tercatat sebanyak 400 pembudi daya rumput laut yang tersebar di Kecamatan Brebes, Wanasari, Bulakamba, Tanjung dan Losari. Selain itu, pembudidaya rumput laut Brebes saat ini sudah memproduksi 200 ton rumput laut kering per bulan dari permintaan 1.700 ton per bulan.
Saat ini juga masyarakat sekitar lokasi pembudidayaan rumput laut telah memanfaatkan rumput laut untuk dijadikan aneka macam produk berbahan dasar rumput laut antara lain agar-agar kertas, dodol, syrup, permen dan produk lainnya.
“Peningkatan produksi pengolahan rumput laut manjadi produk unggulan Kabupaten Brebes juga sebagai upaya pemberdayaan masyarakat khususnya kaum ibu untuk meningkatkan kesejahteraan keluarga”, kata bupati Idza.
Komitemen Pemkab Brebes untuk menjadikan sebagai sentra pengolahan rumput laut ini terus dilakukan, diantaranya dengan penyerahan bantuan alat produksi, pelatihan pemasaran dan upaya variasi produk berbahan dasar rumput laut kepada masyarakat.
Letak geografis Kabupaten Brebes yang berada di jalur Pantura Jawa yang dikelilingi daerah kota dan perbatasan provinsi Jawa Barat mempunyai nilai yang strategis dan potensial. Sebagai pemasok bahan olahan dalam proses produksi rumput lain, juga sebagai daerah potensi pemasaran selain Jakarta dan kota besar lainnya.
FGD tahap II ini diselenggarakan oleh Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Brebes kerja sama dengan Kementerian Perindag RI dengan menghadirkan pembicara dari Prof. DR. Giyatmi, MSi dari PT. Santika Konsulindo Jakarta dan Ditjend Pengembangan industri wilayah II Jawa Bali Kementerian Perindag RI yang diikuti oleh pengusaha, petani rumput laut, pengrajin produk rumput laut, dan akademisi. (Afif.A)
Sumber berita: http://brebesnews.co/2013/10/brebes-mantapkan-rumput-laut-sebagai-produk-unggulan/

2 thoughts on “Brebes Mantapkan Rumput Laut Sebagai Produk Unggulan

  1. salaam,
    wah bagus sekali! semoga indonesia bisa jadi eksportir produk olahan rumputlaut terbesar di dunia. amiin
    kalau boleh tau, spesies rumputlaut apa yang diproduksi di brebes?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *